Gelandang Bertahan Terbaik Dunia, Ini Daftarnya

gelandang bertahan terbaik dunia

Jika berbicara mengenai sebuah kompetisi sepak bola, pasti yang melekat dalam benak seseorang adalah rekor dalam memasukkan gol yang diperoleh. Namun, semua posisi dalam sepak bola memiliki porsinya masing-masing, seperti yang dilakukan gelandang bertahan terbaik dunia. Banyak dari kalangan umum, non pecinta bola kaki ini yang tidak mengetahui akan perannya. Fungsi pemain tersebut sebagai penghalang pertama untuk langkah awal pemain dalam memasuki daerah pertahanan.

Permainan ini tidak hanya berbicara terkait penyerangan mencapai gol akan tetapi juga bertahan, agar gawang tidak dapat dibobol tim lawan. Meski bukanlah posisi yang populer dalam permainan, akan tetapi menjadi yang sangat krusial. Kini posisi gelandang bertahan di era sepak bola modern dianggap sebagai hal vital. Berikut nama-nama gelandang bertahan terbaik dunia, diantaranya:

1. Claude Makalele

Nama Makalele sudah sangat legendaris. Gelandang bertahan milik Real Madrid dan Chelsea di tahun 2000 an silam ini memiliki kemampuan daya pikat tersendiri dalam menciptakan permainan yang epik. Berkat penampilannya dalam kejuaraan dunia, mengantarkan namanya kedalam jajaran pemain senior yang menjadi panutan. Banyak dari para pemain  pemula yang menjadikan sosoknya sebagai contoh untuk ditiru.

READ  5 Istri Pemain Sepak Bola yang Beragama Islam

Atas kerja kerasnya bersama tim, ia berhasil mengantarkan Madrid untuk memperoleh beberapa kemenangan. Kemenangan yang diperoleh klubnya yaitu, Trofi Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Intercontinental dan banyak penghargaan lainnya.

2. Casemiro

Warga negara berkebangsaan Brasil, Casemiro berhasil masuk sebagai yang terbaik di dunia pada posisinya saat ini. Bahkan sosoknya dalam bermain pun selalu menjadi andalan dalam di bawah Zinedine Zidane. Berkat keterampilannya, ia menyumbangkan 4 gol dan 3 assist ketika Madrid menang dari Barcelona di La Liga Spanyol tahun lalu. Pemain yang kini masih berusia 29 tahun itu, tentunya memiliki potensi serta peluang yang besar di masa mendatang.

3. Didier Deschamps

Didier Deschamps merupakan gelandang bertahan terbaik yang dimiliki oleh tim nasional Prancis. Tidak hanya berperan sebagai gelandang handal, Didieer juga seoirang Kapten di timnya. Setelah masa aktif bermainnya habis kini ia beralih menjadi pelatih Timnas Prancis. Berbekal pengalaman dan kemampuannya ia dengan mudah mengatur pemain yang berada dibawah asuhannya.

READ  Model Rambut Pemain Sepak Bola Keren!

4. Sergio Busquets

Banyak pemain berbakat yang dimiliki oleh klub Barcelona, salah satunya adalah Sergio Bosquets. Kemampuannya dalam skill positioning dan merebut bola dari lawan merupakan keunggulan menonjol yang ia miliki. Tetapi tak hanya itu, kemampuannya dalam bertahan juga sangat luar biasa. Hal tersebut tak hanya diakui oleh pemain dalam timnya akan tetapi tim lawan pun mengakui peran pentingnya dalam tim.

Dirinya telah mendapatkan 8 gelar juara pada berbagai pertandingan dunia. Kejuaraan yang diikuti yaitu La Liga, Liga Champions, Piala dunia 2010 serta Piala Eropa 2008. Daftar dari pertandingan tersebut menjadi bukti konkrit dari kepiawaiannya sebagai gelandang bertahan yang dimiliki Barcelona dan tim nasional Spanyol.

READ  5 Alasan Pergantian Pemain Sepak Bola

5. N’Golo Kante

N’Golo Kante, pemain yang disebut-sebut sebagai kunci sukses dari Leicester City saat meraih kemenangan Liga Inggris tahun 2015 hingga 2016. Mantan gelandang bertahan Leicester tersebut melebarkan sayapnya di lingkup internasional dengan menjuarai Piala dunia di tahun 2018 silam bersama Prancis. Dengan kepribadiannya yang ingin terus maju tanpa kenal lelah itu berperan dalam menjaga lini tengah timnya merupakan kunci dari kesuksesannya.

Itulah informasi daftar para pemain gelandang bertahan terbaik dunia. Pada posisi terbaik sebenarnya setiap posisi bisa saja menjadi yang terbaik. Namun, hal itu tentunya bukanlah suatu yang instan. Perlu waktu yang cukup lama untuk menjadi pemain profesional dunia yang tak lepas dari kerja keras dan keinginan untuk maju.

About the Author: Gin Kisaki

You might like