5 Alasan Pergantian Pemain Sepak Bola

pergantian pemain sepak bola

Dalam sebuah permainan sepak bola tentu terdapat aturan yang telah disepakati sebelum berlangsungnya pertandingan. Pergantian pemain sepak bola menjadi hal yang krusial, karena berpengaruh pada berbagai aspek, termasuk kerjasama dan semangat yang mempengaruhi permainan.

Pada setiap pertandingan pergantian pemain kerap terjadi dikarenakan mulai berkurangnya stamina pemain, cedera, atau kekuatan lawan yang perlu ditaklukkan. Pergantian menjadi taktik dan juga strategi yang telah diatur sebelumnya oleh pelatih. Dimana setiap pemain sudah diatur porsi bertukarnya nanti. Berikut adalah beberapa alasan diperlukannya pergantian pemain di lapangan:

1. Strategi

Dalam sebuah permainan, jika ingin menjadi winner tentu perlu untuk mengatur cara bermain. Pergantian pemain ini dianggap sebagai cara dikarenakan dapat memaksimalkan hasil yang diinginkan. Terlebih biasanya setiap tim memiliki pelatih yang handal, yang dapat membaca situasi ataupun kondisi dari setiap tim lawan. Maka persiapan strategi sangat diperhitungkan.

READ  Model Rambut Pemain Sepak Bola Keren!

Karena jika strategi yang digunakan tidak cocok atau tidak sesuai dengan kemampuan pemain, maka berakibat fatal pada klub tim tersebut. Oleh karena itu sebuah strategi membutuhkan pikiran tenang yang mendalam untuk dapat menyiasatinya.

2. Fly Hour

Jam terbang atau yang biasa disebut dengan fly hour adalah pengalaman yang didapatkan dalam sebuah pertandingan. Hal ini biasanya terjadi pada pemain baru yang terbilang cukup muda. Pemain yang memulai karirnya dalam dunia sepak bola tentu harus memiliki pengalaman yang cukup. Hal ini agar kedepannya dapat dipertimbangkan sebagai pemain yang memang memiliki keterampilan dan juga kemampuan yang layak.

Oleh karena itu pelatih biasanya sengaja memasukkan pemain muda ke dalam sebuah pertandingan. Pemain muda biasanya akan masuk pada menit 82 lewat 40 detik. Terkadang ada pula yang pemain yang dimasukkan terkesan hanya untuk mengulur sisa waktu yang ada.

3. Mengurangi Resiko Cedera

Dalam sebuah pertandingan tidak terdapat jaminan pemain tidak akan cedera. Oleh sebab itu diberlakukannya aturan pergantian pemain dalam sebuah pertandingan tentu akan meminimalisir tingkat kecelakaan yang terjadi selama berlangsungnya permainan. Dengan adanya aturan tersebut pemain yang sudah kelelahan dapat berganti dengan pemain berikutnya.

READ  5 Istri Pemain Sepak Bola yang Beragama Islam

Sebuah pertandingan akan memakan waktu cukup lama, dimana para pemain akan mengalami penurunan stamina dan juga energi yang telah terkuras. Salah satu contoh insiden nyata yang terjadi di lapangan yaitu tumbangnya Trent Alexander Arnold. Kejadian tersebut membuatnya keluar ditengah laga, dan harus absen selama 4 pekan.

4. Perubahan Suasana Pertandingan

Dengan bertukarnya pemain akan membuat suasana pertandingan turut berubah, hal ini berpengaruh terhadap kondisi lapangan saat itu. Terkadang dalam sebuah permainan terdapat waktu yang alot, atau masa-masa yang dianggap mono. Sehingga jalannya pertandingan berlangsung lama dan sengit. Inilah peran dari pergantian pemain yang diharapkan membawa kekuatan baru yang mengubah jalannya permainan.

Salah satu gambaran pemain yang telah berhasil melakukan tugasnya saat pergantian pemain yaitu, Gareth Bale. Dalam Liga Champions, Bale menjadi sosok penting, karena membuat perubahan di lini serang Los Blancos. Terbukti  ia dapat mencetakkan gol pada menit ke 64 selang tiga menit. Lalu pada menit ke 83, gol kedua pun berhasil dilakukannya dari luar kotak penalti.

READ  Gelandang Bertahan Terbaik Dunia, Ini Daftarnya

5. Siasat Dalam Permainan

Memiliki tampilan dan performa pemain yang bagus, tentu telah disiasati terlebih dahulu. Pergantian permainan dapat dilakukan dengan mengeluarkan pemain yang dianggap kuat untuk bermain dengan tim lawan. Biasanya pemain yang akan dikeluarkan dapat membuat pertahanan semakin kuat. Tidak hanya itu hal ini juga berfungsi untuk menyiasati kemenangan dalam tim.

Itulah beberapa alasan pergantian pemain sepak bola yang terjadi di lapangan. Meski setiap pemain yang bertanding adalah pemain terlatih akan tetapi hal-hal yang tak diinginkan pastinya kerap terjadi. Oleh sebab itu pergantian yang dilakukan sudah seharusnya dipertimbangkan. Untuk setiap pemain yang akan muncul saat pergantian juga sudah melalui pengawasan sang pelatih tentunya.

About the Author: Gin Kisaki

You might like