5 Kiper Persib Bandung Kebanggaan Bobotoh

kiper persib bandung

Membahas dunia sepak bola tidak akan lepas dari perbincangan mengenai kiper atau penjaga gawang. Salah satunya adalah kiper Persib Bandung yang sering kali menjadi perbincangan karena kepiawaiannya di lapangan hijau. 

Telah sering berganti kiper, Persib Bandung memiliki kiper terbaik di kancah sepak bola Indonesia. Nah, berikut beberapa kiper yang dimiliki Persib Bandung baik yang masih bergabung maupun tidak:

1. I Made Wirawan

Kiper Persib Bandung kelahiran Gianyar, Bali 1 Desember 1981 ini gagal membawa tim maung Bandung pada kemenangan di Piala Menpora 2021 ketika melawan Persija. I Made Wirawan merupakan salah satu dari 3 kiper utama Persib Bandung bersama Dhika Bayangkara dan Teja Paku Alam di Liga ini. 

Telah bergabung dengan Persib Bandung dari tahun 2012 sampai sekarang, tentu banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh I Made Wirawan. Salah satunya, ia membawa tim Maung Bandung menjuarai Liga Super Indonesia tahun 2017. 

2. Dhika Bayangkara

Nama Dhika Bayangkara mulai banyak dibicarakan publik ketika ia membela PS TNI (sekarang berganti nama menjadi Tira Persikabo) di Indonesia Soccer Championship A 2016. Pemain yang lahir di Kuningan, 29 April 1991 ini, dikenalkan sebagai kiper Persib Bandung pada tahun 2019. Dhika Bayangkara dipromosikan langsung oleh Gatot Prasetyo dan dikontrak selama 6 bulan dengan opsi perpanjangan. 

Walaupun sempat diragukan, ia membuktikan kelihaiannya sebagai kiper. Dhika Bayangkara membawa kemenangan pada Persib Bandung dengan skor 3-1 melawan Persita Tangerang pada Liga 1 Piala Menpora 2021. 

3. Teja Paku Alam

Menjadi kiper utama Persib Bandung musim lalu, Teja Paku Alam kembali menjadi kebanggaan dengan mengalahkan tim Banda Aceh dan Surabaya pada piala Menpora 2021. Teja Paku Alam lahir di Painan, Sumatra Barat pada 14 September 1994 dengan mengawali karir sepak bolanya pada tahun 2012.

Setelah masuk tim Sriwijaya U-21 di tahun tersebut, Teja dengan cepat masuk tim senior. Melalui bursa transfer pada liga 1 2020, Teja didapuk menjadi kiper Persib Bandung dan dikontrak untuk 2 musim.

4. Muhammad Natshir

Salah satu kiper Persib Bandung yang lahir di tanah sunda ini memiliki nama lengkap Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby. Lahir di Soreang, 13 Februari 1993 lalu, Muhammad Natshir atau sapaan akrabnya Deden Natshir bergabung dengan tim diklat Persib pada usia 13 tahun. Itulah awal karir Deden sebagai pemain sepak bola.

Meskipun mengawali karir di Persib, ternyata Deden Natshir mengawali debutnya dengan tim Pelita Jaya pada tahun 2008. Deden mencoba peruntungan di berbagai klub namun belum mampu menembus tim utama dan hanya menjadi pemain pengganti saja. Ia lalu kembali ke pangkuan Bobotoh pada tahun 2014. 

5. Kosin Hattairathanakool

Pemain asal Thailand ini bergabung dengan Persib Bandung di Liga Indonesia 2006. Ia sempat tampil sebanyak 37 kali sebagai penjaga gawang maung Bandung. 

Setelah berpisah dengan Persib Bandung, ia berjanji akan kembali membela Persib di kemudian hari. Bahkan, ia menulis surat yang ditujukannya untuk Persib dan Bobotoh. Selang 3 tahun tepatnya di tahun 2009, Kosin menepati janjinya.

Pada Liga Super Indonesia tahun 2009, ia kembali membela Persib sebagai pemain berstatus pinjaman seperti janjinya. Saat itu, Kosin sempat tampil sebanyak 11 kali bersama tim kebanggaan Bobotoh. 

Nama Kosin Hattairathanakool tentu tidak terlupakan di hati para bobotoh. Berkat kegigihannya, Kosin disebut sebagai salah satu pahlawan yang ikut mengharumkan nama Persib Bandung.

Itulah para kiper yang pernah atau sedang beraksi membela Maung Bandung. Namanya tentu tidak asing lagi di telinga para penggemar sepak bola.

About the Author: Gin Kisaki